Beraninya SUSNO DUADJI!

Jika SUSNO DUADJI yang berkata, bahwa di tubuh BARESKRIM atau MABES POLRI ada MARKUS, kemungkinan besar hal tersebut memang benar! Banyak yang dipertaruhkan beliau jika pernyataannya hanya omong kosong saja.

foto detikcomJual beli kasus di tingkat terbawah jajaran POLRI sudah bukan menjadi rahasia lagi. Beberapa tahun yang lalu, seorang tetangga harus berjibaku dengan waktu, mengumpulkan uang untuk mengeluarkan anaknya yang ditahan di sebuah POLSEK, karena terlibat pencurian kecil bersama geng remajanya. Meskipun tahu perbuatan anaknya salah, sebagai orang tua tetap saja tidak tega anaknya ditahan dan diproses lebih lanjut. Apalagi dia masih sekolah.

Jika kong-kalikong kasus yang hanya melibatkan uang ratusan ribu sampai belasan juta saja bisa atau biasa terjadi ditingkat pos polisi atau polsek, bagaimana kita tidak akan percaya jika hal serupa yang melibatkan uang ratusan juta sampai milyaran rupiah, bisa terjadi di jajaran tertinggi POLRI? Apalagi yang mengungkapkan adanya praktek MARKUS itu bukan orang sembarangan.

Dia adalah KOMJEN SUSNO DUADJI, mantan KABARESKRIM POLRI yang di-nonjob-kan paska berakhirnya drama cicak vs buaya. Pada beberapa media beliau mengungkapkan aksi MARKUS pada kasus yang melibatkan pejabat pajak sebesar 25 milyar, yang menyusut menjadi hanya 400 juta setelah ditangani POLRI. Konon kasus ini melibatkan 3 pejabat tinggi POLRI.

Sebuah kecerobohan yang tak termaafkan jika pak Susno hanya menduga-duga tanpa dapat menunjukkan bukti, atau petunjuk awal yang dapat dijadikan titik mula penyelidikan kasus ini. Namun karena besarnya resiko yang yang mesti beliau tanggung, bolehlah kita anggap pernyataan beliau benar.

Mungkin kita tidak akan pernah tahu, apa yang memotivasi SUSNO DUADJI mengungkapkan adanya MARKUS di jajaran tertinggi POLRI ini. Entah karena dendam dan merasa disingkirkan atau memang karena dorongan nurani untuk mengungkap borok di tubuh institusi tempatnya mengabdi. Namun, sekali lagi, karena besarnya resiko yang mesti beliau tanggung, kita wajib mengacungkan jempol tinggi-tinggi.

Harapan kita, mantan KABARESKRIM ini benar-benar bersih seperti yang selalu beliau katakan, sehingga tak ada konflik kepentingan dalam penyelidikan kasus memalukan ini. Karena bagaimanapun kasus MARKUS yang melibatkan uang puluhan milyar rupiah, mustahil jika tidak menyentuh pejabat tinggi POLRI.

Kita berharap pula, KAPOLRI dan segenap jajaran petinggi lainnya, serius dan jujur dalam mengungkap kasus ini. Jangan lagi melakukan manuver-manuver konyol yang justru akan membunuh karakter institusi POLRI secara keseluruhan.

Foto dokumentasi detikcom

One response to “Beraninya SUSNO DUADJI!

  1. yang jadi pertanyaan …selama ini kenapa diam ketika beliau menjabat …ada apa ini ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s