Apa Pentingnya Gelar Buat Gus Dur?

Apa perlunya gelar PAHLAWAN NASIONAL GUS DUR? Pertanyaan ini kedengarannya sangat provokatif, namun sebenarnya sangat masuk akal. Apa yang lebih dibutuhkan GUS DUR saat ini, selain doa yang tulus.

gambarBOLEHKOMENTAR.COM. Tak lama setelah GUS DUR wafat, berbagai peristiwa heboh mengikutinya. Mulai dari sms gelap yang mengatakan GUS DUR sengaja dibunuh. Berbagai tingkah laku heboh pasa peziarah yang menjurus ke perilaku musyrik. Hingga hiruk pikuk usulan atau desakan berbagai pihak, tentang penganugerahan gelar PAHLAWAN NASIONAL buat cucu pendiri NU itu.

Dari ketiganya isue penganugerahan gelar PAHLAWAN NASIONAL, yang lebih banyak menarik minat. Bahkan saat jasad beliau belum dimakamkan, usulan penganugerahan gelar tersebut telah muncul dari berbagai tokoh dan kelompok masyarakat, sampai partai politik. Menjadikan isue ini sebagai materi pembicaraan di berbagai media, teristimewa televisi.

Saya tidak ingin berdebat soal pantas atau tidaknya GUS DUR mendapat anugerah gelar tersebut. Setiap orang atau kelompok pasti punya pendapat sendiri-sendiri. Namun apakah usulan tersebut tidak terlalu cepat? Apalagi jika ada pihak-pihak tertentu yang ingin Pemerintah menempuh prosedure jalur cepat. Sementara banyak usulan penganugerahan gelar PAHLAWAN NASIONAL sudah lama dalam antrian untuk diproses.

Banyak alasan indah yang dapat dikemukakan seputar kepantasan GUS DUR menerima gelar akbar tersebut. Sama banyaknya dengan alasan sebenarnya, para pengusul gelar tersebut, yang mungkin tak ada sangkut pautnya dengan kepentingan GUS DUR.

Pro kontra seputar masalah ini bisa panjang. Kalau ada yang belum setuju, jangan menganggap mereka tidak menghargai jasa GUS DUR terhadap negeri. Jangan pula serta merta menganggap pihak yang setuju, adalah pihak yang paling menghargai jasa-jasa beliu. Karena mungkin hal ini sudah terlambat. Seharusnya kita menilai positif kontribusi beliau terhadap negara dan bangsa saat beliau masih hidup. Atau ini merupakan bentuk penyesalan dan wujud penebusan dosa?

Sekali lagi, apa urgennya penganugerahan gelar PAHLAWAN NASIONAL buat GUS DUR, sehingga terkesan terburu-buru dan memaksa? Yang mendesak buat beliau untuk saat ini dan di masa mendatang, adalah doa tulus dari kita, terutama yang seiman. Bukan macam-macam gelar duniawi. Kalaupun perlu, biarlah hal tersebut terjadi sewajarnya tanpa kesan dipaksakan.

Namun meskipun GUS DUR tidak mempunyai kepentingan atas penganugerahan gelar tersebut, banyak individu dan kelompok yang berkepentingan. Dan patut diduga kepentingannya bersifat pribadi atau golongan. Kita jangan cepat terpukau atas maksud baik mereka. Namun kita tetap harus menghargai hak mereka untuk melakukan itu.

Akhir kata, mari kita apresiasi jasa-jasa GUS DUR sewajarnya, dan kita wujudkan, terutama, dalam bentuk doa tulus yang merupakan satu-satunya hal berguna yang dibutuhkan beliau. Satu-satunya penghargaan yang pasti sampai kepada beliau.

One response to “Apa Pentingnya Gelar Buat Gus Dur?

  1. Gelar pahlawan memang bukan untuk Gus Dur, tetapi bagaimana kita sebagai anak bangsa menghayati arti pahlawan tersebut.
    Bagi saya persoalan ini tidak perlu dibesar-besarkan biarkan saja waktu yang akan mengujinya.
    salam

    Eko Deto: Itu juga harapan saya, mas. Biarlah usulan itu diproses sewajarnya. Jangan terburu-buru dan terkesan terlalu dipaksakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s