Demo Rusuh Dirancang Rusuh Dari Awal

Selamat pagi, Kisanak! Apakah Sampeyan percaya jika ada orang yang menduga demonstrasi yang berakhir rusuh, memang dirancang rusuh dari awal?

foto detiknewsBOLEHKOMENTAR.COM, FOTO DETIKNEWS. Meskipun dibayang-bayangi kemungkinan adanya penunggangan oleh pihak tertentu sehingga berpotensi terjadi kerusuhan, seperti sinyalemen Presiden SBY sebelumnya, aksi demonstrasi memperingati HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA di Jakarta berlangsung relatif tertib dan aman. Kerusuhan justru terjadi di beberapa kota lain, seperti misalnya di Makasar, ketika massa mahasiswa merusak beberapa fasilitas umum, mobil aparat dan sebuah restoran waralaba asing.

Tidak terjadinya demo anarki di ibu kota negara ini, boleh jadi karena adanya langkah-langkah antisipasi oleh aparat setelah adanya peringatan dari Presiden. Lebih penting lagi adalah langkah antisipasi mandiri dari penggerak demonstrasi dan tokoh-tokoh yang terlibat, yang tidak ingin AKSI CANTIK mereka dikotori oleh tindak anarki para pecundang.

Sejak diluncurkannya reformasi sebenarnya aparat keamanan atau polisi, dalam batas-batas tertentu, lebih permisif terhadap aksi-aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat dan mahasiswa. Seperti yang kita lihat di televisi, dalam beberapa kejadian polisi nampak membiarkan pembakaran gambar atau foto pejabat negara, bahkan foto Presiden yang dulu bisa berakhir di penjara. Aparat biasanya baru bertindak jika demonstran memaksa masuk ke wilayah pengamanan aparat atau mengganggu ketertiban umum dengan pemblokiran jalan, membakar ban bekas dan beberapa aksi tidak simpatik lainnya.

Demo yang berujung kerusuhan seringkali justru terjadi karena sikap arogan pendemo, yang patut diduga merupakan BAGIAN DARI RENCANA AWAL AKSI tersebut. Mereka tahu mengerahkan lebih banyak massa melebihi kemampuan untuk mengendalikannya sangat riskan. Mereka tahu aparat pasti akan teguh menjaga wilayah pengamanan mereka. Mereka juga tahu aparat akan menertibkan pawai yang memenuhi seluruh badan jalan, lebih-lebih jika dengan sengaja memblokirnya. Namun mengapa mereka tetap melakukan provokasi itu?

Mungkin mereka ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa bukan hanya aparat keamanan atau polisi yang bisa bertindak arogan. MEREKAPUN BISA!

2 responses to “Demo Rusuh Dirancang Rusuh Dari Awal

  1. hehe, jangan-jangan orang susupan..
    atau malah intel yang merusuh.
    biar muncul persepsi negatif kepada para pendemo ya?

    EKO DETO: Semua kemungkinan bisa terjadi, oleh karena itu demo mesti direncanakan secara cermat dan dilakukan dengan sebaik-baiknya, hati-hati, dan tidak mengumbar emosi berlebihan hingga tak terkendali.

  2. Motif gerakan demo skg beda dgn masa perjuangan reformasi. Lebih banyak unsur politis dan ekonomisnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s