DPR Bersabarlah!

Mungkin ada baiknya DPR tidak memanggil Presiden atau anggota kabinetnya, setidak-tidaknya dalam 100 hari atau satu-dua bulan. Bukankah Pemerintah dan Kabinet Indonesia Bersatu-2 sedang melakukan konsolidasi, baik internal maupun eksternal? Mengapa harus direcoki?

foto-detiknews

bolehkomentar-foto detiknews. Seperti yang diberitakan belakangan ini, Komisi IX DPR RI berkeinginan untuk memanggil menteri kesehatan yang baru, Endang Rahayu Sedyaningsih, terkait terpilihnya beliau yang dianggap kontroversial. Disamping itu, seperti yang dikatakan ketua komisi IX DPR Ribka Tjiptaning, mereka ingin penjelasan tentang keterlibatan dan pandangan-pandangan ibu menteri tentang Naval Medical Research Unit-2 atau NAMRU-2.

Tentu saja tidak salah jika komisi-komisi di DPR ingin mendapatkan penjelasan dari partner kerjanya di pemerintahan. Namun sepertinya waktunya belum tepat!

Di satu sisi, pemerintah dan menteri-menteri dalam Kabinet SBY jilid 2, sedang sibuk mengadakan konsolidasi internal dan antar departemen atau kementrian, setelah resmi dilantik 22 oktober yang lalu. Hal ini sangat penting terutama bagi menteri yang benar-benar baru. diperlukan cukup waktu untuk memahami birokrasi, lingkup kerja serta orang-orang yang ada di departemen yang dipimpinnya. Belum lagi mereka harus segera menyusun program kerja 100 hari-nya.

Di sisi lain, bukankah anggota DPR periode 2009-2014 secara resmi baru bekerja kurang dari sebulan? Bukankah kurang lebih 70 persen merupakan wajah-wajah baru? Bersyukur kalau mereka telah selesai melakukan konsolidasi internal, dan merasa siap untuk bekerja sebagai sparing partner dari Pemerintah. Bersukur kalau mereka telah menginventarisasi ratusan RUU yang belum dibahas atau belum selesai dibahas anggota DPR periode sebelumnya dan menetapkan langkah-langkah selanjutnya.

Mungkin para anggota dewan merasa berhak dan perlu menguji kelayakan menteri-menteri yang baru direkrut Presiden. Namun apakah mereka sendiri telah teruji, dan siapa yang telah menguji?

Sekali lagi, ada baiknya para anggota DPR memberi waktu yang cukup bagi Presiden dan kabinetnya, untuk melakukan konsolidasi dengan tenang, agar dapat bekerja optimal di kemudian hari!

Atau mereka punya agenda lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s