Batu Sandungan Buat Sang Putri

qorysandioriva-detikhot

Mungkin lebih bijaksana kalau Qory Sandioriva, Putri Indonesia 2009, tidak lagi menganggap dirinya mewakili Nanggroe Aceh Darussalam, karena keikutsertaannya dalam kontes tidak direstui pemprof dan masyarakat setempat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghentikan kontroversi seputar hal tersebut, yang dikhawatirkan akan membebani langkah sang putri di kemudian hari.

|bolehkomentar.com|foto-detikhot| Tidak lama setelah penobatannya sebagai Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva mulai mendapat kecaman, terkait anggapan dirinya sebagai peserta kontes yang mewakili Nanggroe Aceh Darussalam, namun melepas atau tidak mengenakan jilbab pada saat final kontes yang diselenggarakan 9 oktober silam. Padahal sesuai dengan Qanun pasal 11 tahun 2003, perempuan Aceh diwajibkan mengenakan pakaian muslimah atau jilbab! Atas pembelaannya bahwa dia melepas jilbab setelah mendapat ijin dari Pemprof NAD, telah dibantah. Bahkan Pemprof menyatakan tidak pernah merekomendasikan keikutsertaan Qory sebagai kontestan wakil dari NAD.

Meskipun dalam jumpa pers usai kontes dia sudah meralat dan menjelaskan ucapannya soal mengapa dia melepas jilbab, padahal sehari-hari dia memang tidak mengenakan jilbab, kontroversi dan kecaman terlanjur bergulir. Kecaman antara lain datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Pemprof NAD, Dinas Syariat Islam dan Masyarakat Adat Aceh atau MAA.

Atas dasar hal tersebut di atas, saya sangat yakin gelombang kecaman, baik dari masyarakat atau Pemprof NAD, akan semakin memuncak saat Qory mengikuti kontes Miss Universe yang memang menjadi haknya. Oleh karena itu saya berpendapat agar Qory, tentu saja atas sepengetahuan Yayasan Putri Indonesia, tidak lagi menyatakan dirinya sebagai wakil dari Nanggroe Aceh Darussalam, dan tidak menganggap dirinya sebagai orang Aceh. Toh meskipun ibunya berasal dari aceh, dia lahir dan dibesarkan di Jakarta?!

Lebih dari itu, Qory harus berusaha lebih keras mempersiapkan diri , terutama persiapan mental, untuk mengikuti Kontes Ratu Sejagad yang membutuhkan konsentrasi prima dalam setiap tahapannya. Mungkin dia harus 100x lebih siap daripada Zivana Letisha!

One response to “Batu Sandungan Buat Sang Putri

  1. menjadi putri indonesia buka jilbab menjadi miss universe buka baju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s