Mayday…Mayday…

bolehkomentar.com SETELAH penetapan Chandara M. Hamzah dan Bibit Samad Rianto sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan wewenang, praktis tinggal dua orang di jajaran pimpinan KPK yang aktif. Meskipun banyaknya dukungan dari individu dan berbagai elemen masyarakat anti korupsi dapat memberi semangat kepada kedua pimpinan tersisa, untuk tetap bekerja, namun ada persoalan mendasar yang perlu dicarikan jalan keluar. Yaitu masalah legitimasi keputusan yang dikeluarkan KPK, terkait absennya ketua dan dua wakilnya.

gambar-ekodeto

Kita ingat saat penoanaktifan Antasari Azhar sebagai ketua KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, sempat muncul rumor soal keabsahan keputusan-keputusan yang dikeluarkan KPK. Meskipun KPK meyakinkan atas legitimasi keputusannya, alangkah baiknya kalau pihak terkait cepat memikirkan solusi atas absenya tiga orang pimpinan lembagai anti korupsi ini. Agar tidak menjadi ganjalan di belakang hari.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama-sama DPR harus membuat terobosan hukum yang dimungkinkan oleh Undang Undang, untuk segera melengkapi jajaran pimpinan KPK. Dalam pikiran saya, sebagai solusi jangka pendek, mungkinkah Presiden atas persetujuan DPR, mengangkat tiga WAKIL KETUA SEMENTARA dari kalangan dalam, dan mengangkat seorang dari wakil ketua tesisa menjadi KETUA KPK SEMENTARA?

Bagaimanapun juga Pemerintah, DPR dan Masyarakat Antikorupsi harus melakukan langkah-langkah nyata dan cepat, untuk menjamin agar KPK tetap dapat bekerja secara optimal dan legal, untuk mengungkap kasus-kasus korupsi yang merugikan negara dan rakyat. Jangan sampai KPK berteriak: MAYDAY…MAYDAY…

One response to “Mayday…Mayday…

  1. Ping-balik: Perpu dan Independensi KPK « bolehkomentar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s