Bubarkan Saja KPK!

bolehkomentar.com-foto detikNews. SETIDAKNYA ada dua hal penting yang terjadi terhadap KPK belakangan, yang berpotensi mengganggu ekristensinya sebagai Lembaga Pemberantas Korupsi. Pertama, pemeriksaan dugaan penyalahgunaan wewenang oleh MABES POLRI. Kedua, wacana penghapusan wewenang penuntutan oleh KPK, yang sedang menggelinding pada pembahasan RUU TIPIKOR di DPR. Menurut saya, jika pada akhirnya PARA WAKIL RAKYAT YANG TERHORMAT memutuskan untuk mencabut wewenang yang sangat penting bagi optimalisasi kinerja KPK itu, lebih baik BUBARKAN SAJA KPK! Kan sudah jelas siapa yang untung dan siapa yang rugi?!

foto-detiknews

Jika kita runut ke belakang, bukankah alasan utama dibentuknya KPK adalah karena kurang optimalnya penanganan kasus korupsi oleh lembaga hukum yang sudah ada? Di sisi lain penanganan kejahatan korupsi sangat penting dan mendesak. Bukan hanya karena merugikan keuangan negara dan mengkhianati rakyat, tetapi juga memperburuk citra Indonesia di dunia internasional, karena selalu bertengger di papan atas DAFTAR NEGARA TERKORUP berdasarkan beberapa hasil survei regional dan internasional!

Ironisnya ketika KPK sudah menunjukkan kinerja yang baik, meskipun masih dapat lebih dioptimalkan, malah muncul gangguan-gangguan seperti tersebut di atas. Padahal semua pihak pasti tahu, bahwa nilai lebih dari KPK dalam menangani kasus-kasus korupsi, bukan hanya karena profesionalisme para personalnya. Tetapi yang paling penting adalah INDEPENDENSI lembaga anti korupsi ini, yang menurut saya, merupakan keniscayaan karena bersatunya tiga alat hukum yang diperlukan, yaitu: PENYIDIKKAN DAN PENYELIDIKAN, PENUNTUTAN SERTA PENGADILAN. Independensi ini pula yang membuat KPK lebih leluasa bergerak. Termasuk mengorek dugaan kasus suap atau korupsi di Kepolisian dan di Kejaksaan, yang menurut persepsi umum sangat mungkin terjadi.

Jika ketiga alat atau kewenangan hukum yang saya sebutkan di atas dihilangkan, untuk dikembalikan kepada lembaga hukum yang sudah ada, dan KPK hanya bertindak sebagai LEMBAGA SUPERVISI, apakah ini justru tidak menyimpang atau mengkhianati tujuan awal dari pembentukan KPK untuk memberantas korupsi di NEGERI 1001 KORUPTOR ini?

Kembali saya menegaskan, kalau kewenangan KPK dipreteli, lebih baik dibubarkan saja! Toh masyarakat tahu siapa yang diuntungkan, dan juga paham pihak mana saja yang sangat berkepentingan agar KPK menjadi lembaga yang IMPOTEN!

Terakhir, biarkan finalisasi RUU TIPIKOR dilakukan anggota DPR yang baru, dalam waktu yang tersisa.

One response to “Bubarkan Saja KPK!

  1. Loo kok kayak di cerita saja isi 1001 koruptur. pasti lebih dari 1001 koruptor
    KPK aja bisa Impoten……..

    Salam sukses selalu

    http://cariuang.tk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s