Antiklimak kinerja kpk?

Berawal dari testimoni Antasari Azhar, MABES POLRI menanggapinya dengan melakukan pemanggilan terhadap beberapa petinggi KPK, atas dugaan menerima suap dan penyalahgunaan wewenang dalam penanganan kasus direktur PT Masaro Radiokom, Anggoro Widjaja. Oleh beberapa pengamat pemeriksaan ini dianggap sebagai upaya pembusukan KPK, sebagai lembaga yang bertugas untuk memberantas korupsi di negeri ini. Terkesan pula ada kepentingan individu tertentu dibalik pemeriksaan itu.

gambar-wikipedia

Sementara para Anggota Legeslatif tak kalah anehnya. pembahasan RUU PENGADILAN TIPIKOR, yang bisa memperkuat landasan hukum bagi KPK, terkesan diulur-ulur. Malah ada wacana memangkas kewenangan KPK untuk melakukan penuntutan. Padahal kewenangan ini sangat penting, karena menjadikan lembaga bentukan tahun 2003 ini bukan sekedar macan ompong. Malah kelewat garang bagi para koruptor.

Bukan rahasia umum lagi kalau aksi kpk merambah ke segala penjuru. mulai di pojok-pojok kotor para eksekutif, yudikatif sampai legeslatif. Mulai dari petinggi-petinggi di daerah sampai ke tingkat pusat. Mulai dari oknum wakil rakyat di daerah sampai di DPR pusat. Bahkan konon KPK telah menyadap ponsel seorang petinggi kepolisian, KABARESKRIM MABES POLRI Komjen Susno Duaji, terkait dugaan keterlibatannya dalam gonjang-ganjing bank Century. Geger bank yang bisa jadi juga berpotensi menyeret menteri keuangan dan mantan Gubernur BI yang akan menjabat sebagai Wakil Presiden RI bulan depan.

Padahal menurut petinggi KPK yang mendapat panggilan MABES POLRI, mereka melakukan kewenangannya untuk melakukan pencekalan-peyadapan-penggeledahan berdasarkan Undang-Undang dan juga KUHP. Jadi bukan aksi sembarangan dan tanpa dasar. Apalagi terkait dengan dugaan penyalahgunaan wewenang oleh KPK, seharusnya ada instrumen hukum sendiri yang lebih kompeten, yaitu Mahkamah Konstitusi. Atau melalui mekanisme praperadilan. bukan polisi! Apakah pihak Kepolisian merasa iri dengan wewenang dan kinerja KPK? kewenangan yang sebelumnya hanya milik mereka? Sehingga genangan bensin akibat testimoni Antasari Azhar sangat sayang kalau tidak diperciki api?

Setelah penonaktifan ketua KPK dan pemeriksaan terhadap petinggi lainnya, konon seorang atau lebih sudah dijadikan tersangka, akankah mengganggu kinerja KPK dalam memberantas korupsi di negeri 1001 koruptor ini? Kita harap tidak! Entah harapan mereka yang merasa miris dengan aksi tegas KPK. Terakhir, janganlah kita menjadi MAJIKAN TOLOL yang merasa tak nyaman lalu menyingkirkan pembantu yang efisien dalam melakukan bersih bersih rumah!

One response to “Antiklimak kinerja kpk?

  1. Sebuah preseden buruk dalam dunia penegakan hukum di Indonesia sudah dimulai, rakyat jadi penontonnya. kalau sampai dibiarkan berlarut-larut, maka citra KPK maupun polisi akan menurun di hadapan masyarakat.
    Sudah selayaknya sebagai dua institusi yang mempunyai tujuan mulia dalam menegakan hukum, mencoba saling melengkapi.
    Mudah-mudahan semuanya cepat terungkap, masalah ini semoga tidak dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang hanya ingin memanfaatkan situasi.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s